Connect with us
https://ronascent.biz/wp-content/uploads/2017/07/ronascent-adv-copy.jpg

EVENTS

Decimation Fest VI: Suguhan Awal Tahun Dari Damage.Inc

Published

on

Kolaborasi stage antara Morganostic dan Arya Akbara di Decimation Fest VI kemarin. (Foto: Rido Ramadhan)

Damage.Inc sebetulnya bukan nama baru lagi di ranah underground. Kolektif event yang berdomisili di Surabaya ini sudah aktif sekitar tahun 2008. Saat itu project gig pertama mereka bertajuk ‘Beneath The Summer’ yang hanya bertahan dua edisi sampai 2009. Mungkin karena memang gig sudah jadi hobi dan passion bagi mereka, selepas itu muncul lah gig-gig lain seperti ‘Straight To Your Face’, ‘Surabaya Grind Fest’, ‘Menolak Lelah’, dan ‘Decimation Fest’ yang mewarnai era Magnetzone sampai era studio gig. Untuk nama terakhir, mungkin itu menjadi gig yang paling awet bagi Damage.Inc. Karena sejak 2011 Decimation Fest sukses digelar enam kali, dan yang keenam kemarin sekaligus menjadi gig pembuka awal tahun di Surabaya.

Masih dikerjakan oleh beberapa wajah lama, Decimation Fest VI kali ini sedikit naik ‘pangkat’, di mana venue Happy Puppy yang notabene adalah sebuah pub keluarga dan disulap jadi arena musik underground. Mulai dari pendatang baru Longest sampai band yang tengah mempersiapkan album baru Morganostic tampil bergantian di acara yang digelar minggu kemarin (8/1). Selain itu, ada juga perform dari Gears Of Dagger Saw, Simpul Mati, Godamnation, dan Dopest Dope.

Longest membuka gig dengan lagu-lagunya yang memang masih belum familiar. Band ini tergolong baru, tahun lalu mereka sempat tampil juga di launching album Crucial Conflict. Bahkan lagu-lagunya belum beredar di ranah internet. “Kami sudah menyiapkan tiga single baru yang bakalan kami lepas sekaligus di tanggal 17 Januari besok dan semoga kalian menikmatinya,” ujar Oscar, vokalis Longest yang hampir semua personilnya dihuni wajah lama.

Band Baru: Oscar, ex-Give Me Mona dan ex-Teenagers tampil bersama Longest. (Foto: Rido Ramadhan)

Tempo pun semakin naik kala Gears Of Dagger Saw yang baru merilis debut albumnya tahun lalu tampil. Kombinasi lima pria dan dua wanita dengan gelontoran aroma post-hardcore generasi baru di band ini memberikan nuansa yang sedikit berbeda. Semakin memanas saat dua grup death metal Godamnation dan Simpul Mati memblasting venue secara non stop.

Hingga akhirnya nuansa makin kalem seketika saat Dopest Dope mendoktrin penonton dengan musik-musik imajinatifnya. Menarik untuk disimak ketika Morganostic tampil dengan susunan personil yang sedikit berbeda. Arya Akbara, gitaris dari Headcrusher sekaligus pemilik one man show Methiums mempertontonkan skill gitar-nya yang menyelip di materi-materi baru Morganostic. Kolaborasi tersebut sekaligus menutup gig di awal 2017.

Sarjana hukum yang gak pandai ngibul. Mencoba menggabungkan hobi musik dan photography menjadi profesi. Tokoh protagonis di setiap peran antagonis

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

EVENTS

Gallery: Perayaan Drowning In Sadness War Fighters

Published

on

Perayaan Drowning In Sadness, album pertama War Fighters berlangsung di Rumah Jaman Now (OJN) Surabaya. Kami menangkap beberapa momen bahagia dari hubungan para performer dengan penonton. Alhasil, inilah sajian visual bagi kalian yang tak sempat datang pada pesta perayaan War Fighters.

Seorang mahasiswa hampir abadi yang menghabiskan sebagian besar waktu di kehidupanya dengan hal hal penuh manfaat seperti mengabadikan wajah wajah ekstase para pemuda pemudi bangsa di atas panggung.

Continue Reading

EDITOR'S PICK

Berselancarnya The Panturas & Polka Wars di Surabaya

Published

on

Ada sedikit keraguan kala The Panturas gagal berselancar di Surabaya Oktober kemarin. Nuansa surf-rock yang diusung sekelompok alumnus jurnalistik ini tidak memancar, mereka justru hanya terdengar sebagai band rock melayu biasa. Namun ketika Buka Musik Connectified chapter Surabaya membawa mereka ke Nens Corner akhir pekan kemarin (14/12), ceritanya berbeda. The Panturas benar-benar Mabuk Laut bersama ratusan penonton yang merelakan mata perih karena asap rokok hingga kepala puyeng akibat alkohol.

Bagi sebagian besar penonton yang hadir, kami yakin mereka semua mendapat klimaks. Diawali dengan dua band pendatang baru Surabaya yang unjuk gigi; Alter dan Eisen, hingga dibawa membeku bersama Cotswolds dan puncak dari segala kerusuhan ada pada si protagonis Polka Wars. Pemilik album Axis Mundi ini sejatinya menurunkan tempo pasca meliarnya crowd The Panturas. Tapi tak bisa dipungkiri jika musikalitas terus memancarkan aura semangat. Setidaknya, Surabaya telah memberikan kesan manis bagi Polka Wars dan The Panturas yang hingga akhir tahun ini melaksanakan tur di 6 kota di bawah platform musik Buka Musik milik Bukalapak.

Anak muda penuh semangat tapi tidak bergairah, suka melakukan banyak hal baru dan sedang berstatus mahasiswa aktif dengan doa semoga lulus tepat waktu dan segera mempunyai penghasilan.

Continue Reading

EVENTS

The 41st Jazz Goes to Campus: Kejayaan Musik Jazz Masih Dimulai Dari Kampus

Published

on

Jika menengok kembali sejarah musik jazz di Indonesia, dunia kampus memang berperan penting dalam perkembangan musik ini. Salah satunya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Lewat Jazz Goes to Campus, musik jazz bisa dikenal dan mendapat tempat tersendiri di telinga mahasiswa. Tahun ini, JGTC sudah memasuki tahun ke-41. Sebuah perjalanan yang tak singkat memang. Konsistensi JGTC dalam menghadirkan sajian musik jazz yang segar mampu membuat acara ini bertahan hingga lebih dari empat dekade.

Minggu, 2 Desember 2018, 41stJazz Goes to Campus yang mengusung tema“Bring The Jazz On” kembali digelar di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, JGTC selalu berhasil menyedot animo yang luar biasa. Sejak pukul 12.30 antrean sudah mulai penuh sesak untuk memasuki kawasan acara. Sekitar pukul 13.00 acara dimulai dan dibuka oleh penampilan dari beberapa band kampus dan pemenang JGTC Band Competition.

Menjelang sore, penonton mulai memadati Sprite Stage untuk menyaksikan Maliq & D’Essentials. Antusiasme penonton sangat liar sore itu. Sprite Stage penuh sesak dengan penonton yang ingin menyaksikan Maliq & D’Essentials. Membawakan tembang-tembang hits seperti Dia dan Untitled, Maliq & D’Essentials sukses memanaskan sore yang mendung kemarin. Bergeser ke Kopiko Stage, grup musik parodi asal Bandung, Project Pop juga mampu menyedot animo penonton yang ingin bernostalgia dengan lagu-lagu lawas mereka. Track andalan seperti Gara-gara Kahitna, Metal vs. Dugem, dan Ingatlah Hari Ini sukses membuat penonton bernyanyi bersama. Disela-sela lagu lama yang nangkring di setlists, Project Pop juga sempat membawakan lagubaru yang berjudul Coconut dan sukses mengajak penonton untuk bergoyang bersama.

Menjelang maghrib, JGTC sempat diguyur hujan yang cukup deras dan sempat membuat penonton yang tidak membawa jas hujan kocar-kacir mencari tempat berteduh. Untungnya hujan tidak berlangsung lama, karena di Indofood Stage, Vira Talisa sudah bersiap untuk menghangatkan malam setelah hujan. Walaupun tidak terlalu ramai, karena banyak penonton yang sudah memenuhi Kopiko Stage untuk menunggu Boyzlife, set Vira Talisa malam itu tetap syahdu. Pindah ke Kopiko Stage, Boyzlife dengan mudahnya membuat para penonton histeris. Hanya bermodalkan rekaman lawas lagu-lagu Boyzone dan Westlife, Keith Duffy dan Brian McFadden sukses berkaraoke bersama penonton. Set yang minimalis, tanpa band pengiring, dan hanya bermodal rekaman minus one membuat Boyzlife tidak memiliki daya tarik yang lebih selain hanya lagu-lagu hits lawas mantan boyband mereka dulu.

Kembali ke Sprite Stage, kali ini giliran Glenn Fredly yang menghangatkan malam para pecinta jazz di JGTC. Penuh dan lantang. Begitulah kira-kira gambaran crowd yang menonton Glenn Fredly kemarin. Dari awal set hingga akhir, semua penonton sangat kompak menyanyikan lagu-lagu Glenn Fredly. Terlebih lagi ketika lagu Terserah, koor massal yang gila bisa terdengar dari depan hingga belakang. Dan di panggung yang sama sebagai penutup JGTC, Reza Artamevia juga berhasil membawa para penonton bernostalgia dengan tembang-tembang lawas miliknya. Walaupun sudah tak muda lagi, Reza tetap energik dan interaktif dengan penonton JGTC.

Dengan tema yang diusung, pagelaran JGTC tahun ini cukup sukses membawa kembali musik jazz. Bermodal track record yang bagus JGTC menjadi salah satu festival jazz yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Seperti apakah kejutan JGTC tahun depan. We’ll see!

 

Teks: Agita Bela | Foto:  Adrian Daniarsyah

An amateur dilettante | Straight Edge | Star Wars’ die-hard fans | Records Junkie |

Continue Reading

Surabaya