Connect with us
https://ronascent.biz/wp-content/uploads/2017/07/ronascent-adv-copy.jpg

EVENTS

The 10th Psychofest, Kembali Membawa Hulu Ledak

Published

on

Selalu Beringas: Coki dari KPR yang selalu tampil beringas menggeber nomor-nomor indo-rock versi mereka. (Foto: Rido Ramadhan)

Senang rasanya mengetahui Psychofest sebagai acara rutin Fakultas Psikologi Universitas Airlangga telah memasuki tahun ke-10. Senang juga menyimak bahwa Psychofest selalu membawa keseruan baru tiap tahunnya. Terakhir menyaksikan Psychofest adalah saat mereka memboyong Barasuara untuk tampil di Surabaya Town Square. Barasuara saat itu belum benar-benar meledak di Surabaya, dan Psychofest sebagai festival bergengsi sepertinya punya peran mengenalkan supergroup ini ke khalayak di kota ini. Dan sepertinya, sekarang Psychofest kembali membawa hulu ledak berbahaya. Tidak tanggung-tanggung, unit  indie rock The Trees & The Wild (TTATW) dan indo-rock berbahaya Kelompok Penerbang Roket (KPR) didatangkan langsung dari ibukota. Meski acara sempat molor kurang lebih satu jam, beruntung atmosefer keseruannya tetap terasa meski salah satu band yang ditunggu-tunggu, Hi Mom! terpaksa tidak tampil.

Dihelat di lapangan Grand City, penonton disuguhi penampilan band-band lokal terbaik. Salah satu band yang didaulat di awal acara adalah Cotswolds, post rock terbaik yang pernah dihasilkan Surabaya, tampil memukau. Membawakan lagu-lagu yang ada di album European Ocean, menonton Cotswolds di saat langit mulai menggelap dan pengunjung mulai ramai membuat nuansa gelap sekaligus panas. Cotswolds yang amat terpengaruh pergerakan skena post ponk era akhir 70-an (simak Joy Division, band terbesar di era ini), membabat habis-habisan influence mereka mulai dari sound gitar yang mengawang, drum yang monoton, atmosfer musikal yang dingin dan yang paling kentara, suara bariton si vokalis yang mengingatkan pada Ian Curtis, sebelum ia gantung diri di rumahnya di usia 23 tahun. Hujan gitar yang bertalu di kanan dan kiri telinga, membuat bulu kuduk merinding sendiri.

Timeless didaulat sebagai penampil berikutnya. Entah kenapa tata sound system saat penampilan band yang usai melakukan tur album Beetwen And Beyond di Jakarta dan Bandung ini kurang prima. Pada beberapa part, sound terdengar sedikit cemperet dan terlalu kasar. Lepas dari hal itu, penampilan Timeless tetap memukau dan bising. Membawakan nomor-nomor terbaik dari album keduanya seperti Golden Age sampai Ride Into The Sun, Timeless terlihat semakin matang dan menemukan aksi panggung terbaik mereka.

Selanjutnya unit post rock asal Malang, Beeswax tampil setelahnya. Beeswax tampil bagus dan hanya saja tidak klimaks. Eksplorasi musik yang mereka hadirkan  sayangnya harus terpotong. “Kami mendapat pemberitahuan, durasi main kami dipotong.” ujar si vokalis. Tidak hanya Beeswax, hal tersebut juga menimpa Hi Mom!, yang tidak hanya dipotong tapi malah batal mencicipi arena.

Penampilan The Trees And The Wild di 10th Psychofest. (Foto: Rido Ramadhan)

Pembatalan penampilan Hi Mom! ini langsung dikonfirmasi Ronascent usai acara. “Jadi penyebabnya itu karena acara molor, jadi akhirnya kita yang di cancel. Dengan mediasi yang asik dan damai akhirnya kita bisa menerima itu,” ujar Hi Mom! saat ditemui. “Maaf juga mengecewakan nggak jadi main, soalnya pembatalannya mendadak,” lanjut mereka yang sempat mengira jika pembatalan tersebut akan diumumkan di panggung. Tapi ternyata tidak diumumkan.

Malam mulai kelam. Semuanya masih terjaga dan menanti-nanti The Trees & The Wild yang menata alat panggung mereka begitu dekat dengan bibir stage. Drum set dipasang menyamping sehingga kita bisa melihat akurasi yang ditampilkan. Tiga synthetizer dihadirkan, membawa suara-suara transendental yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Aura-aura magis ditunjang oleh penampilan mereka yang sedingin es, tanpa sedikitpun menyapa penonton seperti layaknya band post rock misterius bermain tanpa basa-basi. Digeber nomor-nomor terbaik mereka yang kental dengan repetisi dan permainan synth. Band yang baru saja merilis materi terbaru mereka Zaman, Zaman ini menjadi begitu spiritual saat lagu terakhir dibawakan bersamaan dengan rintik hujan lembut yang mulai turun. Kekuatan mereka memuncak semakin lama semakin kencang, bak angin puting beliung yang membesar seiring berjalannya waktu. Momen eargasm terasa saat mereka mulai menuntaskan penampilannya.

Berandalan ibukota berisi tiga orang manusia paling ugal-ugalan tampil setelahnya. Kelompok Penerbang Roket membuat penonton seketika merapat, merangsak, dan kebengalan rock and roll itu telah dimulai. Selalu diawali dengan Anjing Jalanan, berturut-turut Tanda Tanya, Beringin Tua dan Target Operasi yang diambil dari album Teriakan Bocah. Selanjutnya, nomor-nomor dari Panbers seperti Bimbang dan Ragu, Hujan Badai, sampai Mr. Bloon dari album HAAI. Mereka menyudahi penampilan dengan Dimana Merdeka, dan setelahnya sudah pasti Mati Muda, yang memanaskan ampli mereka. Coki, Rey dan Viki tampil maksimal dan memuaskan. Dan inilah klimaks dari acara 10th Psycofest.

Mahasiswa sastra. Kecanduan Tebs dan masih mengimani Billie Joe Armstrong sebagai nabi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

EVENTS

Gallery: Perayaan Drowning In Sadness War Fighters

Published

on

Perayaan Drowning In Sadness, album pertama War Fighters berlangsung di Rumah Jaman Now (OJN) Surabaya. Kami menangkap beberapa momen bahagia dari hubungan para performer dengan penonton. Alhasil, inilah sajian visual bagi kalian yang tak sempat datang pada pesta perayaan War Fighters.

Seorang mahasiswa hampir abadi yang menghabiskan sebagian besar waktu di kehidupanya dengan hal hal penuh manfaat seperti mengabadikan wajah wajah ekstase para pemuda pemudi bangsa di atas panggung.

Continue Reading

EDITOR'S PICK

Berselancarnya The Panturas & Polka Wars di Surabaya

Published

on

Ada sedikit keraguan kala The Panturas gagal berselancar di Surabaya Oktober kemarin. Nuansa surf-rock yang diusung sekelompok alumnus jurnalistik ini tidak memancar, mereka justru hanya terdengar sebagai band rock melayu biasa. Namun ketika Buka Musik Connectified chapter Surabaya membawa mereka ke Nens Corner akhir pekan kemarin (14/12), ceritanya berbeda. The Panturas benar-benar Mabuk Laut bersama ratusan penonton yang merelakan mata perih karena asap rokok hingga kepala puyeng akibat alkohol.

Bagi sebagian besar penonton yang hadir, kami yakin mereka semua mendapat klimaks. Diawali dengan dua band pendatang baru Surabaya yang unjuk gigi; Alter dan Eisen, hingga dibawa membeku bersama Cotswolds dan puncak dari segala kerusuhan ada pada si protagonis Polka Wars. Pemilik album Axis Mundi ini sejatinya menurunkan tempo pasca meliarnya crowd The Panturas. Tapi tak bisa dipungkiri jika musikalitas terus memancarkan aura semangat. Setidaknya, Surabaya telah memberikan kesan manis bagi Polka Wars dan The Panturas yang hingga akhir tahun ini melaksanakan tur di 6 kota di bawah platform musik Buka Musik milik Bukalapak.

Anak muda penuh semangat tapi tidak bergairah, suka melakukan banyak hal baru dan sedang berstatus mahasiswa aktif dengan doa semoga lulus tepat waktu dan segera mempunyai penghasilan.

Continue Reading

EVENTS

The 41st Jazz Goes to Campus: Kejayaan Musik Jazz Masih Dimulai Dari Kampus

Published

on

Jika menengok kembali sejarah musik jazz di Indonesia, dunia kampus memang berperan penting dalam perkembangan musik ini. Salah satunya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Lewat Jazz Goes to Campus, musik jazz bisa dikenal dan mendapat tempat tersendiri di telinga mahasiswa. Tahun ini, JGTC sudah memasuki tahun ke-41. Sebuah perjalanan yang tak singkat memang. Konsistensi JGTC dalam menghadirkan sajian musik jazz yang segar mampu membuat acara ini bertahan hingga lebih dari empat dekade.

Minggu, 2 Desember 2018, 41stJazz Goes to Campus yang mengusung tema“Bring The Jazz On” kembali digelar di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, JGTC selalu berhasil menyedot animo yang luar biasa. Sejak pukul 12.30 antrean sudah mulai penuh sesak untuk memasuki kawasan acara. Sekitar pukul 13.00 acara dimulai dan dibuka oleh penampilan dari beberapa band kampus dan pemenang JGTC Band Competition.

Menjelang sore, penonton mulai memadati Sprite Stage untuk menyaksikan Maliq & D’Essentials. Antusiasme penonton sangat liar sore itu. Sprite Stage penuh sesak dengan penonton yang ingin menyaksikan Maliq & D’Essentials. Membawakan tembang-tembang hits seperti Dia dan Untitled, Maliq & D’Essentials sukses memanaskan sore yang mendung kemarin. Bergeser ke Kopiko Stage, grup musik parodi asal Bandung, Project Pop juga mampu menyedot animo penonton yang ingin bernostalgia dengan lagu-lagu lawas mereka. Track andalan seperti Gara-gara Kahitna, Metal vs. Dugem, dan Ingatlah Hari Ini sukses membuat penonton bernyanyi bersama. Disela-sela lagu lama yang nangkring di setlists, Project Pop juga sempat membawakan lagubaru yang berjudul Coconut dan sukses mengajak penonton untuk bergoyang bersama.

Menjelang maghrib, JGTC sempat diguyur hujan yang cukup deras dan sempat membuat penonton yang tidak membawa jas hujan kocar-kacir mencari tempat berteduh. Untungnya hujan tidak berlangsung lama, karena di Indofood Stage, Vira Talisa sudah bersiap untuk menghangatkan malam setelah hujan. Walaupun tidak terlalu ramai, karena banyak penonton yang sudah memenuhi Kopiko Stage untuk menunggu Boyzlife, set Vira Talisa malam itu tetap syahdu. Pindah ke Kopiko Stage, Boyzlife dengan mudahnya membuat para penonton histeris. Hanya bermodalkan rekaman lawas lagu-lagu Boyzone dan Westlife, Keith Duffy dan Brian McFadden sukses berkaraoke bersama penonton. Set yang minimalis, tanpa band pengiring, dan hanya bermodal rekaman minus one membuat Boyzlife tidak memiliki daya tarik yang lebih selain hanya lagu-lagu hits lawas mantan boyband mereka dulu.

Kembali ke Sprite Stage, kali ini giliran Glenn Fredly yang menghangatkan malam para pecinta jazz di JGTC. Penuh dan lantang. Begitulah kira-kira gambaran crowd yang menonton Glenn Fredly kemarin. Dari awal set hingga akhir, semua penonton sangat kompak menyanyikan lagu-lagu Glenn Fredly. Terlebih lagi ketika lagu Terserah, koor massal yang gila bisa terdengar dari depan hingga belakang. Dan di panggung yang sama sebagai penutup JGTC, Reza Artamevia juga berhasil membawa para penonton bernostalgia dengan tembang-tembang lawas miliknya. Walaupun sudah tak muda lagi, Reza tetap energik dan interaktif dengan penonton JGTC.

Dengan tema yang diusung, pagelaran JGTC tahun ini cukup sukses membawa kembali musik jazz. Bermodal track record yang bagus JGTC menjadi salah satu festival jazz yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Seperti apakah kejutan JGTC tahun depan. We’ll see!

 

Teks: Agita Bela | Foto:  Adrian Daniarsyah

An amateur dilettante | Straight Edge | Star Wars’ die-hard fans | Records Junkie |

Continue Reading

Surabaya