Connect with us
https://ronascent.biz/wp-content/uploads/2017/07/ronascent-adv-copy.jpg

REVIEW

My Mother Is Hero – Midst: Begitu Berat dan Terukur

Published

on

MMIH - Midst

Sampul album My Mother Is Hero; Midst.

Surabaya bukan kota rock, kata My Mother Is Hero (MMIH) pada Ronascent beberapa waktu lalu. Tapi toh nyatanya di album kedua yang bertajuk Midst, mereka malah semakin brutal dan liar meramu formula rock gelap dengan atmosfer stoner rock yang padat. Alhasil, jadilah album ini mengubah image MMIH dari band rock pada umumnya menjadi band pemuja era 70-an awal dengan formulasi rock and roll tua, yang seperti mengawinkan Led Zeppelin dengan distorsi Black Sabbath.

Jika didengarkan dengan saksama, Midst secara musikalitas dan sound punya benang merah dengan album kedua The SIGIT, Detourn (2013). Atau semacam Wolfmother tapi lebih rapat dan terukur, dengan menomorduakan spontanitas dan lebih mementingkan keakuratan. Album ini seperti mencoba memberi warna baru bagi genre rock beringas di Surabaya yang ‘bukan kota rock.’ Ingatan sial juga memberi tahu adanya warna seperti Eet Sjahranie pada gitar di album 2010 mereka, Edan, khusus di nomor-nomor hardrock kencang seperti Living Dead.

Dibuka dengan Sub-Urban Jam, intro yang ingin menunjukkan kepada kita semua, para penyembah rock indopahit, bahwa Midst dari MMIH adalah hardrock dengan kebul asap stoner yang pekat. Iringan drum lamban dan berat, dengan atmosfer bar penuh asap rokok dari seksi bas dan distorsi, menyempurnakan jamming ‘sub-urban’ ini. Pariah sebagai track kedua, menampilkan vokal Yasser yang berbeda dengan album mereka sebelumnya, Sundial. Terdengar lebih berat dan serak: kotor! Inilah musik yang ‘cowok banget.’ Tapi sayangnya sampai di pertengahan menjadi sedikit membosankan, meski ada beberapa part yang bisa dikatakan menarik bila diolah lebih dalam. Track jagoan mereka, Guided Democracy yang sempat dibawakan di Live Session bulan Juni lalu masih memakai formula sama. Rock bebatuan; boots limakilogram yang menghantam kepala. Hampir kesuluruhan isi track di Midst punya formula sama. Ksemuanya berdurasi rata-rata empat sampai lima menit. Mungkin dengan Hurt sebagai track paling penuh isian dan emosi yang intens.

Sekali lagi ini bukan album yang bisa dianggap main-main. MMIH begitu total dan terukur. Namun sayangnya spontanitas rock and roll jadi agak kurang. Musik terasa begitu kaku dan kering—atau memang seperti itu konsepnya?—dan jarang ada bagian yang catchy dan gimmick-gimmick yang menyenangkan. Bahkan hampir tidak ada bagian untuk sing-along. Dikhawatirkan musik yang keterlaluan serius akan menghilangkan sikap senang-senang. Satu lagi, sepuluh track dalam Midst cukup melelahkan untuk didengarkan secara utuh, karena sekali lagi, kurangnya bagian yang membuat telinga merasa senang.

Sepertinya gempuran oktan macam beginian menjadikan MMIH seperti menjadi band ekslusif yang hanya cocok bermain di bar/pub sempit. Bukan lagi di lapangan sekolah yang luas: mereka harus melepas predikat raja pensinya jika memainkan rock dengan formula kaku macam begini. Sayang sekali dengan artwork cover yang cukup impresif, musik yang ada begitu melelahkan. Dan satu lagi, lirik yang disajikan di album ini sungguh sangat kelewat brilian. Ialah Yasser, vokalis sekaligus personil termuda di band ini.

Tracklist:
01. Sub-Urban Jam
02. Pariah
03. Godless
04. The Saviour
05. Guided Democracy
06. Lunatic Queen
07. Hurt
08. Little Shit Dream
09. Yes, I Am The Man!
10. Two Of Us

Mahasiswa sastra. Kecanduan Tebs dan masih mengimani Billie Joe Armstrong sebagai nabi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

REVIEW

Longest – Endless Collide: Realita Rock Dalam Balutan Metropop

Published

on

Sampul album ‘Endless Collide’. (Dok. Longest)

Jika dibanding dengan tiga single dalam EP digital yang dilepas awal tahun lalu, Longest format baru ini terdengar tengah berupaya jadi lebih earcatchy. Nyatanya, mereka seperti menahan potensi musikalnya. Di beberapa part yang seharusnya bisa jadi klimaks, justru malah terdengar payah. Penggunaan tone-tone rendah seperti membunuh karakter si vokalis. Alhasil, tujuh lagu yang mereka suguhkan di album Endless Collide terdengar kurang fit sekalipun pendengar berkali-kali mengatur settingan equalizer.

Tapi tunggu dulu, nomor Alea Song yang ditempatkan pada urutan kedua seakan menjelaskan ‘maksud’ dari musik yang ingin mereka sodorkan. Beat yang santai, distori tipis, dan permainan reff; nampaknya Longest ingin menusuk segmen pendengar remaja yang penuh lika-liku percintaan dengan harapan menjadikan track ini sebagai soundtrack-nya. Make sense, toh kemasan album yang mereka tampilkan juga menyerupai deskripsi tadi. Simple dan minimalis merujuk pada realita perkotaan, percintaan, perselingkuhan, pertemanan, dan semua  elemen menarik yang bisa kita temui pada novel-novel metropop atau sinema remaja.

Coba dengar juga So High, Can High, genjrengan overdrive berpadu clean memang sedikit monoton, namun olah vokal dan lirik yang cukup menyatu seperti jadi part yang ditunggu-tunggu; karena musiknya yang terlampau santai sehingga pendengar sulit menikmatinya. Begitupun Toothless Moron, hanya saja lagu ini terdengar lebih berisi dan (mungkin) jadi satu-satunya yang menyambung benang merah dari lagu-lagu awal mereka. Selebihnya, coba kalian nikmati sendiri berdasarkan persepsi masing-masing. Masih ada single pertama mereka First, Strawberry Frost, Mistake and the Beautiful Sin, dan Leader Syndrome.

Terlepas dari itu semua, album yang dirilis pada momen Record Store Day (RSD) 2018 kemarin ini setidaknya sudah menunjukkan keseriusan Longest, yang merupakan pendatang baru dengan wajah lama di skena Surabaya. Hebatnya, album ini rilis setahun setelah mereka melempar demo EP berisi tiga lagu di awal tahun 2017 kemarin, di mana album itu rilis hanya berselang beberapa bulan setelah band ini dibentuk. Satu tahun bukan waktu yang singkat bagi Longest untuk merampungkan full album perdananya. Sempat beberapa kali bongkar-pasang personil jadi salah satu kendala dalam proses penggodokan materi. Namun Longest tetap mencoba konsisten berada dalam jalur alternative/indie rock yang mereka usung.

Perlu digarisbawahi, seburuk-buruknya album ini, Longest masih punya porsi instrumen yang terdengar meriah, meski beberapa kali terdengar false. Disarankan menggunakan headset berkualitas agar detail-detail apik dari gitar dan bass terdengar jelas. Last but not least, pelafalan lirik Bahasa Inggris tampaknya juga perlu dilatih karena dibeberapa track terdengar kurang pas. Overall, album ini cukup fresh dan cocok bagi kalian-kalian yang familiar dengan Basement maupun Foo Fighters.

An amateur dilettante | Straight Edge | Star Wars’ die-hard fans | Records Junkie |

Continue Reading

REVIEW

Egon Spengler – Hijaunya Neraka; Manuver Horror ke Green Force

Published

on

Cover Album Single Hijaunya Neraka yang di desain oleh Albert. (Dok. Egon Spengler)

Seperti sebuah anomali. Hijau dan neraka; wajar jika banyak pertanyaan muncul seketika untuk menanggapi single baru Egon Spengler ini. Apakah mereka bercerita tentang ganja? kebakaran hutan? atau mungkin darah vampir? Pastinya, jika berkaca dari latar belakang dan album debutnya, Egon Spengler tidak pernah jauh dari pembahasan horror. Segala macam penyebutan mayat hidup selalu jadi nyawa band guyon yang belakangan mulai serius ini.

Aku bernyanyi walau suaraku parau / aku bernyanyi bersama temanku D.S.M / aku berlari bersama temanku Viking / aku berlari bersama anak-anak Greenforce /

Hingga pada akhirnya petikan lirik di atas menyegel rasa penasaran. Sesuatu yang tidak dikira-kira, Egon Spengler berbicara tentang Sepakbola! Oke, bagaimana ceritanya sosok Egon Spengler yang berkursi roda harus bermain bola? Sesuatu yang nyaris tak terduga seperti ketika Albert dkk memilih topik Persebaya di lagu terbarunya.

Gerombolan alumni ITS ini memang tidak lekat dengan olahraga lapangan hijau tersebut, tapi mereka mengakui jika lagu ini terinspirasi dari band seangkatannya; Deskripsi Sebuah Mahasiswa (DSM). Berawal dari lagu Green Force 1927 milik DSM, tahun 2016 Egon Spengler mulai mengerjakan lagu Hijaunya Neraka yang direkam di L-One Studios dua tahun lalu.

Bulan April kemarin, di momen Record Store Day (RSD) 2018, Egon Spengler pun merilis single tersebut ke dalam bentuk fisik sederhana yang dikerjakan ekspres. Kurang lebih sepekan sebelum RSD Surabaya bergulir, produksi CD di mulai. Di dalamnya, hanya ada dua lagu, yakni single Hijaunya Neraka itu sendiri, serta bonus track Green Force 1927 dari Deskripsi Sebuah Mahasiswa.

Perlukah membahas esensi lirik di lagu ini? Dari debut Ecto 1, Egon Spengler memilih jadi band yang tidak terlalu ambil pusing tentang lirik. Apalagi musik punk yang mereka bawa tidaklah menuntut kerumitan lingustik, yang penting ritmik dan mistik. Secara komposisi, Albert, Besta, Ikang, Tebo, dan Rombe juga masih terasa senada dengan benang merah mereka di awal. Hanya saja, track ini bisa jadi memberikan sedikit gambaran tentang lanjutan karya mereka. “Bisa jadi kita gak bercerita horror lagi, tapi bisa juga tetep horror. Liat nanti aja deh,” cerita Albert.

Media musik online yang berbasis di Surabaya. Mengamati gejolak dan gairah industri musik independen yang kerap menjadi sokongan musik berkualitas. Kontak kami di [email protected] untuk berbagi informasi.

Continue Reading

REVIEW

Rocket Rockers – Cheers From Rocket Rockers; Album Tribute yang Terkesan Ribut & Meninggalkan Root

Published

on

Artwork – Cheers from Rocket Rockers

Bulan lalu, band pop punk legendaris asal Kota Bandung, Rocket Rockers merilis album keenam mereka yang bertajuk Cheers from Rocket Rockers. Singkat kata, Rocket Rockers membuat album tribute untuk mereka sendiri. Bukan iseng tanpa alasan, dilansir dari situs resminya (rocketrocksite.com), pembuatan album ke-6 ini didasari dari pengalaman Aska, Lowp, Bisma, dan Ozom ketika melihat fans-fans baru yang merasa asing dengan lagu-lagu lama Rocket Rockers. “Sebenernya (ide album ini) berawal dari banyaknya Rocket Rock Friends angkatan baru yang eksis di setiap gig dan beli merch, tapi ketika ngobrol dan ditanya soal lagu-lagu lama mereka nampak ‘gagap’,” cerita Aska.

Maka tidak salah jika Rocket Rockers melibatkan sebanyak 17 musisi yang dipercaya untuk menggarap lagu-lagu lawas RR. Menariknya, Rocket Rockers berani menggandeng band-band multi-genre mulai dari pop-punk, folk, EDM, hingga rap dari sederet nama seperti Superglad, Last Goal Party, Dead With Falera, Sanders Hates Chicken, V1MAST, Parahyena, Aliansi Kiri, Syauqi, Braves Boy, NAVL, Fiersa Besari-Kerabat Kerja, Painful by Kisses, Hoolahoop, Midnight Quickie, The Flins Tone, Kungpow Chicken hingga Four Get Me A Nots; trio punk asal Jepang ikut terlibat. Tentunya, mendengar nama-nama tersebut kita, atau kebanyakan penggemar Rocket Rockers akan excited untuk segera mendengarkan album ini.

Namun sepertinya, antusiasme pendengar tidak sejalan dengan ekspektasinya. Track pembuka Dia yang awalnya dikenalkan oleh empunya adalah lagu manis nan energik namun mendadak jadi asam dan jadi nomor yang harus dilewati. Nomor kedua, ada track  Terobsesi yang dimainkan oleh Dead With Falera. Lalu dilanjut dengan Sander Hate Chicken yang memainkan K.L.A.S.S.I.X, terdengar serupa. Seketika kalian akan langsung mencari tombol next atau secara otomatis dahi mengernyit dan mendadak mencari kosakata Pass!, Next!!, atau bisa saja kata “Terima Kasih” yang keluar di benak. Yaps.. benar kalian lah raja karena kalian pendengar yang punya berbagai selera atau kalian bisa berlagak layaknya seorang juri adu pencarian bakat, di mana kalian akan terpengaruh gaya komentator juri di TV. Namun tunggu dulu, coba putar lagi lagu selanjutnya.

Nyatanya tidak semua track harus dilewati. Nikmati keberhasilan cover It’s Just Another Holiday dari Four Get Me A Nots. Mereka bermain dengan dinamika dan ketukan drum yang cepat di tengah lagu. Lalu lanjut ke The Flins Tone yang mengaransemen Tergila dengan aman dan nyaman. Cooling down sedikit dengan track Jangan Dulu Tenggelam oleh V1MAST. Alunan alat-alat tradisional jadi pemanis. Nyawa lagu pun lebih magis dengan gaung gamelan dan warna musik yang etnik.

aksi rocket rockers

Sejatinya ide untuk menghasilkan Cheers from Rocket Rockers cukup apik. Jika memang tujuannya adalah untuk mengenalkan kembali lagu-lagu lawas mereka, justru album ini seakan kehilangan estetikanya. Beberapa lagu di album ini seperti kehilangan nyawanya. Sebut saja Tragedi Tragis 1989, Terobsesi, Bangkit, Membaca Tanpa Mata, Hari Untukmu, Tunggu Apalagi, hingga Ingin Hilang Ingatan.

Sedikit kembali ke belakang, sejak Ucay hengkang pada Januari 2013, Rocket Rockers bisa dibilang kehilangan tajinya. Setahun setelah itu, mereka merilis album Merekam Jejak. Di album ini, warna musik RR sedikit bergeser jadi lebih poppish. Wajar jika Rocket Rock Friends ”angkatan” lama perlahan bergeser dan digantikan dengan “angkatan” baru yang asing dengan lagu-lagu lamanya. Jika kalian merupakan Rocket Rock Friends “angkatan” baru, sebaiknya jangan langsung menikmati ‘Cheers from Rocket Rockers’. Dengarkan dan nikmati dulu versi originalnya di album lawas, seperti ‘Soundtrack for Your Life’ (2002), ‘Ras Bebas’ (2004), ‘Better Season’ (2008), dan ‘Tons of Friends’ (2011). Agar kelak, tidak ada anggapan bahwa lagu-lagu yang ada di album terbaru ini jauh lebih menarik dari yang lama.

An amateur dilettante | Straight Edge | Star Wars’ die-hard fans | Records Junkie |

Continue Reading
Advertisement

Zine Archives

Surabaya