Connect with us
https://ronascent.biz/wp-content/uploads/2017/07/ronascent-adv-copy.jpg

NEWS

Deryck Whibley Kembali Produseri Albumnya Sendiri

Published

on

Deryck-Whibley

Titik Balik: Setelah melewati masa rehabilitasi, Deryck Whibley mencoba kembali produktif.

Masa rehabilitasi yang sempat dialaminya beberapa waktu lalu justru membuat Deryck Whibley kembali mendapatkan sentuhan bermusiknya. Vokalis sekaligus gitaris Sum 41 itu dengan bangga mengumumkan titel album bandnya yang sudah siap rilis bulan Oktober, 13 Voices. “Bisa dibilang album ini telah menyelamatkan hidupku dan aku ingin segera merilisnya,” ujar Whibley melalui rilis pers Hopeless Records yang Ronascent terima. Album tersebut sekaligus jadi debut Sum 41 bersama Hopeless yang baru-baru ini menggandengnya sebagai rooster andalan.

13 Voices akan rilis tepat pada 7 Oktober mendatang, di mana Deryck Whibley kembali berperan langsung sebagai produser seperti di dua album studio sebelumnya, yakni Underclass Hero (2007) dan Screaming Bloody Murder (2011). Melalui rilis pers, Sum 41 mengumumkan 10 tracklist yang ada di dalamnya, tapi belum diketahui single mana yang akan dilepas lebih dulu. Pastinya, faktor masuknya kembali gitaris mereka Dave ‘Brownsound’ Baksh jadi salah satu penguat akan dobrakan musikalitas mereka yang sempat hilang.

Sum 41 - 13 Voices

Sampul album terbaru Sum 41 ’13 Voices’ yang akan rilis 7 Oktober 2016. (Secret Signals/Hopeless Records)

Mewakili rekan-rekannya, Deryck menyebut album ini sebagai titik balik kehidupannya yang sempat terpuruk. “Aku (Deryck Whibley, red) harus mempelajari semuanya lagi, mulai dari bergerak sampai belajar bermain gitar lagi. Saat itu aku bahkan tidak mampu untuk berjalan, benar-benar masa-masa yang sulit, tapi di saat yang sama, kalau aku tidak punya materi apapun untuk direkam, rasanya aku tidak mungkin bisa sembuh secepat ini. Menulis dan membuat lagu memberiku alasan bahwa aku harus sembuh,” ujarnya.

Setelah melewati beberapa fase pasca rilisnya album kelima Screaming Bloody Murder lima tahun lalu, Sum 41 sempat mengalami pasang surut. Apalagi setelah drummer mereka Steve Jocz hengkang kemudian diikuti dengan kecanduan Whibley terhadap alkohol yang makin menjadi-jadi sehingga membawanya pada pusat rehabilitasi. Band punk yang muncul di tahun 1996 ini seakan hilang dari peredaran. Sentuhan mereka kembali muncul saat Altpress Awards tahun lalu, di mana Sum 41 tampil dengan formasi berlima dengan Brownsound yang kembali setelah sembilan tahun resign.

Melepas lajang di dunia tarik pena dengan menyandang lulusan sastra yang tidak sastrawi, musisi gagal, penimbun berita pil koplo, dan buruh radio.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

EDITOR'S PICK

Dialog Ibu & Anak Dalam “Berita Kehilangan” Milik Feast

Published

on

Artwork Berita Kehilangan yang dikerjakan Mikael Aldo & Baskara Putra. (Dok. Feast)

.Feast makin memantapkan posisinya sebagai band yang cukup responsif terhadap lingkungan sosial sekitarnya. Usai klip Peradaban yang cukup frontal, kemarin (10/8) mereka kembali melempar lagu sekaligus klip baru berjudul Berita Kehilangan. Secara lirik, apa yang mereka tuliskan masih cukup sarkas, namun implisit. Bedanya, nuansa musik yang diperdengarkan sangat sesuai dengan klipnya; gelap, berduka, dan pemakaman.

Lagu Berita Kehilangan ini ditulis sendiri oleh vokalis mereka, Baskara Putra. Ia terinspirasi dari beberapa kasus kriminalisasi yang telah terjadi, salah satunya yang menimpa mendiang temannya Raafi Aga Winasya Benjamin tujuh tahun silam. Adapun sebuah surat milik orang tua korban kriminalisasi lainnya juga menjadi sumber inspirasi mereka, sekaligus sebagai bentuk empati terhadap kasus-kasus tersebut.

Selain audio dan video yang cukup membangkitkan ambient lagu, kehadiran Rayssa Dynta sebagai kolaborator justru makin mendramatisir. Tiap bait yang dinyanyikan .Feast dan juga Rayssa Dynta dibuat seperti dialog antara Ibu dan Anak. Dialog itu menggambarkan bagaimana seorang Ibu yang berusaha mengikhlaskan kepergian anaknya. Begitupun sebaliknya, sang anak juga coba menguatkan Ibunya.

Single terbaru milik kolektif rock Ibukota ini sudah bisa dinikmati secara digital melalui layanan streaming Spotify, Joox, Apple Music, Deezer dan sejenisnya. Lalu untuk video klipnya bisa dinikmati lewat kanal Youtube ofisial atau IGTV milik .Feast.

Melepas lajang di dunia tarik pena dengan menyandang lulusan sastra yang tidak sastrawi, musisi gagal, penimbun berita pil koplo, dan buruh radio.

Continue Reading

NEWS

Rilis Debut Album, Manic Monday Berkolaborasi Dengan 2 Musisi

Published

on

Formasi terkini Manic Monday. (Dok. Manic Monday)

Sempat tertunda cukup panjang, akhirnya debut album milik Manic Monday rilis pekan lalu (20/7). Kurang lebih berselang sekitar setahun setelah proses rekaman, Manic Monday memilih untuk mematangkan konsepnya terlebih dulu. Sampai akhirnye Issue dipilih jadi titel albumnya. Menurut mereka, nama Issue disepakati bersama sebagai jawaban dari pembuktian eksistensi Manic Monday.

Dalam album tersebut, Manic Monday menyematkan 10 lagu, dua diantaranya mereka berkolaborasi dengan Kiky dari The Flins Tone serta Kecenk dari Fraud. Jagoan pertama mereka ialah I Know I Can yang sudah diperdengarkan lewat video klipnya sejak awal 2017 lalu. Secara keseluruhan album ini bercerita tentang perasaan, karakter, dan ego setiap orang. Musiknya sendiri masih tetap dikemas alternatif, dengan distorsi dan ketukan drum-nya yang upbeat. Rilisan Grounderz Records tersebut sudah bisa diputar di kanal digital seperti Joox dan Spotify.

Media musik online yang berbasis di Surabaya. Mengamati gejolak dan gairah industri musik independen yang kerap menjadi sokongan musik berkualitas. Kontak kami di [email protected] untuk berbagi informasi.

Continue Reading

FEATURES

Ternyata Tidak ‘Selamanya’ Seringai Absen Rilis Video Klip

Published

on

Behind the scene pembuatan klip Selamanya. (Foto: Rigel Haryanto)

Pada era album Serigala Militia yang rilis 2007 silam, saat itu Seringai melempar tiga video klip. Ketiganya ialah Citra Natural, Mengadili Persepsi (Bermain Tuhan), dan Serigala Militia. Lima tahun berselang, Arian13 cs absen dalam merilis klip meskipun album saat itu mereka punya gaco baru; album Taring yang cukup melejit. Dan sekarang, setelah 10 tahun absen merilis klip, band Ibukota ini akhirnya kembali menyelesaikan klip yang sekaligus jadi single teranyar mereka berjudul Selamanya.

Selamanya, lagu yang rilis pekan lalu itu mengambil konsep ‘Wahana Pesta Seringai’; gambaran minimalis yang seakan menyampaikan ke pendengar jika Seringai masih akan terus menerus menghibur. Ide itu datangnya dari Surya Adi Susianto, sutradara klip yang juga pernah menangani video musik dari Kunto Aji, Morfem, Ramengvrl, dan Lawless Vomit Crew. “(dalam klip ini) Seringai digambarkan bakal menghibur tiap pengunjung yang naik ke bus dan bersenang-senang bersama mereka sembari berkeliling kota, dan begitu seterusnya,” jelas Seringai melalui rilis pers yang Ronascent terima.

Pasca klip ini, Seringai berencana merilis album keempatnya berjudul Seperti Api yang akan dirilis via High Octance Production. Menurut Wendi Putranto, albumnya akan selesai produksi dalam waktu dekat. Pastinya, akan ada 11 lagu yang diproduseri sendiri oleh gitaris mereka, Ricky Siahaan. Selain diproduseri personil sendiri, cover album Seperti Api juga dikerjakan oleh vokalis mereka, Arian13. Tidak jauh berbeda dengan album sebelumnya, Seringai masih gemar berbicara tentang isu sosial, sambil sesekali berbicara tentang sci-fi. Bahkan mereka juga berkolaborasi dengan solois, Danilla Riyadi. Jadi, silahkan ditunggu. Kemungkinan bulan depan.

Media musik online yang berbasis di Surabaya. Mengamati gejolak dan gairah industri musik independen yang kerap menjadi sokongan musik berkualitas. Kontak kami di [email protected] untuk berbagi informasi.

Continue Reading
Advertisement

Zine Archives

Surabaya