Connect with us
https://ronascent.biz/wp-content/uploads/2017/07/ronascent-adv-copy.jpg

REVIEW

Symphony Punk Sound: Album Split Penuh Warna Dari Dua Negara

Published

on

Symphony-Punk-Sound-Split-AlbumAlbum Split dari band-band Punk Rock indie asal Perth dan Wollongong (Australia), juga Malang dan Padang (Indonesia). Tiap band-nya seperti membawa nafas dan pengaruh kultur punk mereka masing-masing, yang erat kaitannya dengan influence mereka yang beragam. Keanekaragaman Punk Rock yang mereka tampilkan justru membuat album split yang bisa diunduh gratis ini tampak seru dan kaya rasa. Tak peduli para punk rock penggemar jeans belel dan jaket jeans, fashionable skater penggemar sneakers, ataupun pengagum rambut rapi berjambul penuh wax dengan gaya classic, semuanya akan menyatu dalam gigs, atau lebih tepatnya menyatu dalam Symphony Punk Sound –seperti tajuk album ini– untuk mengepalkan tangan ke atas dan bersama-sama menyenandungkan yel-yel pemberontakan.

Band pembuka asal Perth, De Niros, tampil apik dengan menyuguhkan nuansa Classic Punk ala The Clash serta Rancid dalam “Refuse Allegiance,” dengan gaya vokal yang mengingatkan pada Joe Strummer dan Tim Armstrong. Yang menarik, di lagu-lagu lain seperti “A Call To Disorder” dan “Victim Of (In) Security,” ada nuansa Hardcore Punk yang sengaja dipadu dengan Classic Punk tanpa terkesan dipaksakan. Band kedua, Little Warrior, menyuarakan sikap “Anarko Punk” –nya dengan gaya yang paling rebel. Berasal dari Malang, band yang sekelebat hampir mirip dengan Marjinal ini berkali-kali menyuarakan “Janc*k” dengan lantang, selain “F*ck” yang ditujukan kepada polisi dan pemerintahan yang berkuasa. Suara-suara ini terangkum di track-track mereka: “Human Error,” “Destroyer Army” dan “Aparat Keparat Bangsat.” Selanjutnya, Mangrove Jack, bersiap melubangi panggung dengan lagu-lagu dinamis Hardcore Punk yang amat sangat liar dan berani, serta tak miskin ekspresi.

Band ketiga di split yang dirilis Three Balls Records ini berasal dari Wollongong, Australia. Bisa dipastikan gigs menjadi panas saat nomor seperti “Cash Grab,” “Jack Attack” dan “Shizza” dimainkan dengan pedal dan snare drum yang rapat dengan bertempo cepat. Hardcore dari Negeri Kangguru memang mampu membuat para penggemar meloncat-loncat liar layaknya kangguru. Dan sepertinya, album ini akan berakhir di papan skate, karena band penutup dari split ini, Hands And Voices, seakan menggunakan potongan “sneakers” sebagai bahan pick gitar demi memuaskan dahaga penggemar musik Skate Punk yang sudah kelonjotan. Lagu terbaik di split ini, yang juga merupakan instrumentalia “Wishes On The Sky” dimainkan dengan total oleh band asal Padang ini, yang sudah bisa dipastikan sangat terinfluence oleh Blink 182 dan NOFX. Di lagu-lagu selanjutnya, “Dillema” dan “Memories,” tema romansa ala remaja disusun dengan birama pop punk dipadu skate punk yang cepat di sesi snare drum, yang tentunya masih relevan sebagi cara untuk menghantam telinga tanpa kesopanan sedikit pun.

Album ini baru dirilis perdana, dengan artwork cover seorang ayah “punk” yang menuntun anaknya. Mungkin di split kedua, artworknya bisa berkembang dengan sang ayah punk merangkul anak yang sudah remaja. Ekspekstasi yang wajar, karena diharapkan, split ini makin dewasa, makin berkembang dan makin banyak menampilkan band-band punk indie berkualitas yang mampu melukiskan punk dengan jujur dan berani. PUNK IS ALIVE AND WELL!

Tracklist:
01. De Niros – Refuse Allegiance
02. De Niros – (A call to) Disorder
03. De Niros – Victim of (in) Security
04. Little Warrior – Human Error
05. Little Warrior – Destroyer Army
06. Little Warrior – Aparat Keparat Bangsat
07. Mangrove Jack – Cash Grab
08. Mangrove Jack – Jack Attack
09. Mangrove Jack – Shizza
10. Hands And Voices – Whishes on The SKy
11. Hands And Voices – Dillema
12. Hands And Voices – Memmories
Link download: https://app.box.com/s/sz4aqqr0p2d38wk4blr6
File size: 38.8 Mb
Release date: 15 September 2013

Mahasiswa sastra. Kecanduan Tebs dan masih mengimani Billie Joe Armstrong sebagai nabi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

REVIEW

Longest – Endless Collide: Realita Rock Dalam Balutan Metropop

Published

on

Sampul album ‘Endless Collide’. (Dok. Longest)

Jika dibanding dengan tiga single dalam EP digital yang dilepas awal tahun lalu, Longest format baru ini terdengar tengah berupaya jadi lebih earcatchy. Nyatanya, mereka seperti menahan potensi musikalnya. Di beberapa part yang seharusnya bisa jadi klimaks, justru malah terdengar payah. Penggunaan tone-tone rendah seperti membunuh karakter si vokalis. Alhasil, tujuh lagu yang mereka suguhkan di album Endless Collide terdengar kurang fit sekalipun pendengar berkali-kali mengatur settingan equalizer.

Tapi tunggu dulu, nomor Alea Song yang ditempatkan pada urutan kedua seakan menjelaskan ‘maksud’ dari musik yang ingin mereka sodorkan. Beat yang santai, distori tipis, dan permainan reff; nampaknya Longest ingin menusuk segmen pendengar remaja yang penuh lika-liku percintaan dengan harapan menjadikan track ini sebagai soundtrack-nya. Make sense, toh kemasan album yang mereka tampilkan juga menyerupai deskripsi tadi. Simple dan minimalis merujuk pada realita perkotaan, percintaan, perselingkuhan, pertemanan, dan semua  elemen menarik yang bisa kita temui pada novel-novel metropop atau sinema remaja.

Coba dengar juga So High, Can High, genjrengan overdrive berpadu clean memang sedikit monoton, namun olah vokal dan lirik yang cukup menyatu seperti jadi part yang ditunggu-tunggu; karena musiknya yang terlampau santai sehingga pendengar sulit menikmatinya. Begitupun Toothless Moron, hanya saja lagu ini terdengar lebih berisi dan (mungkin) jadi satu-satunya yang menyambung benang merah dari lagu-lagu awal mereka. Selebihnya, coba kalian nikmati sendiri berdasarkan persepsi masing-masing. Masih ada single pertama mereka First, Strawberry Frost, Mistake and the Beautiful Sin, dan Leader Syndrome.

Terlepas dari itu semua, album yang dirilis pada momen Record Store Day (RSD) 2018 kemarin ini setidaknya sudah menunjukkan keseriusan Longest, yang merupakan pendatang baru dengan wajah lama di skena Surabaya. Hebatnya, album ini rilis setahun setelah mereka melempar demo EP berisi tiga lagu di awal tahun 2017 kemarin, di mana album itu rilis hanya berselang beberapa bulan setelah band ini dibentuk. Satu tahun bukan waktu yang singkat bagi Longest untuk merampungkan full album perdananya. Sempat beberapa kali bongkar-pasang personil jadi salah satu kendala dalam proses penggodokan materi. Namun Longest tetap mencoba konsisten berada dalam jalur alternative/indie rock yang mereka usung.

Perlu digarisbawahi, seburuk-buruknya album ini, Longest masih punya porsi instrumen yang terdengar meriah, meski beberapa kali terdengar false. Disarankan menggunakan headset berkualitas agar detail-detail apik dari gitar dan bass terdengar jelas. Last but not least, pelafalan lirik Bahasa Inggris tampaknya juga perlu dilatih karena dibeberapa track terdengar kurang pas. Overall, album ini cukup fresh dan cocok bagi kalian-kalian yang familiar dengan Basement maupun Foo Fighters.

An amateur dilettante | Straight Edge | Star Wars’ die-hard fans | Records Junkie |

Continue Reading

REVIEW

Egon Spengler – Hijaunya Neraka; Manuver Horror ke Green Force

Published

on

Cover Album Single Hijaunya Neraka yang di desain oleh Albert. (Dok. Egon Spengler)

Seperti sebuah anomali. Hijau dan neraka; wajar jika banyak pertanyaan muncul seketika untuk menanggapi single baru Egon Spengler ini. Apakah mereka bercerita tentang ganja? kebakaran hutan? atau mungkin darah vampir? Pastinya, jika berkaca dari latar belakang dan album debutnya, Egon Spengler tidak pernah jauh dari pembahasan horror. Segala macam penyebutan mayat hidup selalu jadi nyawa band guyon yang belakangan mulai serius ini.

Aku bernyanyi walau suaraku parau / aku bernyanyi bersama temanku D.S.M / aku berlari bersama temanku Viking / aku berlari bersama anak-anak Greenforce /

Hingga pada akhirnya petikan lirik di atas menyegel rasa penasaran. Sesuatu yang tidak dikira-kira, Egon Spengler berbicara tentang Sepakbola! Oke, bagaimana ceritanya sosok Egon Spengler yang berkursi roda harus bermain bola? Sesuatu yang nyaris tak terduga seperti ketika Albert dkk memilih topik Persebaya di lagu terbarunya.

Gerombolan alumni ITS ini memang tidak lekat dengan olahraga lapangan hijau tersebut, tapi mereka mengakui jika lagu ini terinspirasi dari band seangkatannya; Deskripsi Sebuah Mahasiswa (DSM). Berawal dari lagu Green Force 1927 milik DSM, tahun 2016 Egon Spengler mulai mengerjakan lagu Hijaunya Neraka yang direkam di L-One Studios dua tahun lalu.

Bulan April kemarin, di momen Record Store Day (RSD) 2018, Egon Spengler pun merilis single tersebut ke dalam bentuk fisik sederhana yang dikerjakan ekspres. Kurang lebih sepekan sebelum RSD Surabaya bergulir, produksi CD di mulai. Di dalamnya, hanya ada dua lagu, yakni single Hijaunya Neraka itu sendiri, serta bonus track Green Force 1927 dari Deskripsi Sebuah Mahasiswa.

Perlukah membahas esensi lirik di lagu ini? Dari debut Ecto 1, Egon Spengler memilih jadi band yang tidak terlalu ambil pusing tentang lirik. Apalagi musik punk yang mereka bawa tidaklah menuntut kerumitan lingustik, yang penting ritmik dan mistik. Secara komposisi, Albert, Besta, Ikang, Tebo, dan Rombe juga masih terasa senada dengan benang merah mereka di awal. Hanya saja, track ini bisa jadi memberikan sedikit gambaran tentang lanjutan karya mereka. “Bisa jadi kita gak bercerita horror lagi, tapi bisa juga tetep horror. Liat nanti aja deh,” cerita Albert.

Media musik online yang berbasis di Surabaya. Mengamati gejolak dan gairah industri musik independen yang kerap menjadi sokongan musik berkualitas. Kontak kami di [email protected] untuk berbagi informasi.

Continue Reading

REVIEW

Rocket Rockers – Cheers From Rocket Rockers; Album Tribute yang Terkesan Ribut & Meninggalkan Root

Published

on

Artwork – Cheers from Rocket Rockers

Bulan lalu, band pop punk legendaris asal Kota Bandung, Rocket Rockers merilis album keenam mereka yang bertajuk Cheers from Rocket Rockers. Singkat kata, Rocket Rockers membuat album tribute untuk mereka sendiri. Bukan iseng tanpa alasan, dilansir dari situs resminya (rocketrocksite.com), pembuatan album ke-6 ini didasari dari pengalaman Aska, Lowp, Bisma, dan Ozom ketika melihat fans-fans baru yang merasa asing dengan lagu-lagu lama Rocket Rockers. “Sebenernya (ide album ini) berawal dari banyaknya Rocket Rock Friends angkatan baru yang eksis di setiap gig dan beli merch, tapi ketika ngobrol dan ditanya soal lagu-lagu lama mereka nampak ‘gagap’,” cerita Aska.

Maka tidak salah jika Rocket Rockers melibatkan sebanyak 17 musisi yang dipercaya untuk menggarap lagu-lagu lawas RR. Menariknya, Rocket Rockers berani menggandeng band-band multi-genre mulai dari pop-punk, folk, EDM, hingga rap dari sederet nama seperti Superglad, Last Goal Party, Dead With Falera, Sanders Hates Chicken, V1MAST, Parahyena, Aliansi Kiri, Syauqi, Braves Boy, NAVL, Fiersa Besari-Kerabat Kerja, Painful by Kisses, Hoolahoop, Midnight Quickie, The Flins Tone, Kungpow Chicken hingga Four Get Me A Nots; trio punk asal Jepang ikut terlibat. Tentunya, mendengar nama-nama tersebut kita, atau kebanyakan penggemar Rocket Rockers akan excited untuk segera mendengarkan album ini.

Namun sepertinya, antusiasme pendengar tidak sejalan dengan ekspektasinya. Track pembuka Dia yang awalnya dikenalkan oleh empunya adalah lagu manis nan energik namun mendadak jadi asam dan jadi nomor yang harus dilewati. Nomor kedua, ada track  Terobsesi yang dimainkan oleh Dead With Falera. Lalu dilanjut dengan Sander Hate Chicken yang memainkan K.L.A.S.S.I.X, terdengar serupa. Seketika kalian akan langsung mencari tombol next atau secara otomatis dahi mengernyit dan mendadak mencari kosakata Pass!, Next!!, atau bisa saja kata “Terima Kasih” yang keluar di benak. Yaps.. benar kalian lah raja karena kalian pendengar yang punya berbagai selera atau kalian bisa berlagak layaknya seorang juri adu pencarian bakat, di mana kalian akan terpengaruh gaya komentator juri di TV. Namun tunggu dulu, coba putar lagi lagu selanjutnya.

Nyatanya tidak semua track harus dilewati. Nikmati keberhasilan cover It’s Just Another Holiday dari Four Get Me A Nots. Mereka bermain dengan dinamika dan ketukan drum yang cepat di tengah lagu. Lalu lanjut ke The Flins Tone yang mengaransemen Tergila dengan aman dan nyaman. Cooling down sedikit dengan track Jangan Dulu Tenggelam oleh V1MAST. Alunan alat-alat tradisional jadi pemanis. Nyawa lagu pun lebih magis dengan gaung gamelan dan warna musik yang etnik.

aksi rocket rockers

Sejatinya ide untuk menghasilkan Cheers from Rocket Rockers cukup apik. Jika memang tujuannya adalah untuk mengenalkan kembali lagu-lagu lawas mereka, justru album ini seakan kehilangan estetikanya. Beberapa lagu di album ini seperti kehilangan nyawanya. Sebut saja Tragedi Tragis 1989, Terobsesi, Bangkit, Membaca Tanpa Mata, Hari Untukmu, Tunggu Apalagi, hingga Ingin Hilang Ingatan.

Sedikit kembali ke belakang, sejak Ucay hengkang pada Januari 2013, Rocket Rockers bisa dibilang kehilangan tajinya. Setahun setelah itu, mereka merilis album Merekam Jejak. Di album ini, warna musik RR sedikit bergeser jadi lebih poppish. Wajar jika Rocket Rock Friends ”angkatan” lama perlahan bergeser dan digantikan dengan “angkatan” baru yang asing dengan lagu-lagu lamanya. Jika kalian merupakan Rocket Rock Friends “angkatan” baru, sebaiknya jangan langsung menikmati ‘Cheers from Rocket Rockers’. Dengarkan dan nikmati dulu versi originalnya di album lawas, seperti ‘Soundtrack for Your Life’ (2002), ‘Ras Bebas’ (2004), ‘Better Season’ (2008), dan ‘Tons of Friends’ (2011). Agar kelak, tidak ada anggapan bahwa lagu-lagu yang ada di album terbaru ini jauh lebih menarik dari yang lama.

An amateur dilettante | Straight Edge | Star Wars’ die-hard fans | Records Junkie |

Continue Reading
Advertisement

Zine Archives

Surabaya